Masjid Istiqlal


Masjid Istiqlal
Alamat lokasi : Jl. Taman Wijaya Kusuma Daerah Khusus Ibukota Jakarta, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta
Nomor telepon : Telp. (021) 3811708, Fax. (021) 3508983
Kode pos : 10710
Masjid Istiqlal
Masjid Istiqlal adalah masjid nasional negara Rpublic Indonesia yang terletak di pusat ibukota Jakarta. Masjid Istiqlal merupakan masjid terbesar di Asia Tenggara. Pembangunan masjid ini diprakarsai oleh Presiden Republik Indonesia saat itu, Ir. Soekarno di mana pemancangan batu pertama, sebagai tanda dimulainya pembangunan Masjid Istiqlal dilakukan oleh Ir. Soekarno pada tanggal 24 Agustus 1951. 

Masjid Istiqlal sebagai masjid negara diharapkan dapat menampung jamaah dalam jumlah yang besar. Oleh karena itu, maka arsitekturnya menerapkan prinsip minimalis, dengan mempertimbangkan keberadaannya di kawasan beriklim tropis. Ruangan shalat yang berada di lantai utama dan terbuka sekelilingnya diapit oleh plaza di kiri-kanan bangunan utama dengan tiang-tiang lebar di antaranya, dimaksudkan untuk memudahkan sirkulasi udara dan penerangan yang alami. 

Masjid Istiqlal memang terkenal dengan kemegahan bangunannya. Luas bangunannya hanya mencapai 26% dari kawasan seluas 9.32 hektar, yang selebihnya adalah halaman dan pertamanan. Karena bangunan yang begitu besar dan luas, masjid ini dapat menampung sekitar 200.000 jamaah. Selain terkenal dengan kemegahannya, masjid ini juga mempunyai arsitektur yang khas. Corak bangunannya bergaya modern.  

Jamaah dan wisatawan yang berkunjung ke masjid ini dapat melihat konstruksi kokoh bangunan masjid yang didominasi oleh batuan marmer pada tiang-tiang, lantai, dinding dan tangga serta stainless steel pada tiang utama, kubah, puncak menara, plafon, dinding, pintu karawangan, tempat wudhu, dan pagar keliling halaman.
Kategori: Masjid, Jakarta Pusat
  • Dimana alamat Masjid Istiqlal?

    Masjid Istiqlal beralamat di Jl. Taman Wijaya Kusuma Daerah Khusus Ibukota Jakarta, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta.

  • Berapa kontak nomor telepon Masjid Istiqlal?

    Masjid Istiqlal dapat dihubungi melalui kontak nomor telepon Telp. (021) 3811708, Fax. (021) 3508983

  • Berapa kode pos Masjid Istiqlal?

    Kode pos dari Masjid Istiqlal adalah 10710

  • Apa alamat URL website Masjid Istiqlal?

    Website Masjid Istiqlal dapat di akses online melalui www.masjidistiqlal.or.id



Komentar dan Ulasan (0)
Tulis Komentar dan Ulasan