Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Purwakarta


Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Purwakarta
Alamat lokasi : Jl. Veteran No.1, Ciseureuh, Kec. Purwakarta, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat 41118, Indonesia
Nomor telepon : (0264) 200105
Kode pos : - belum tersedia

Kantor Dinas Kebuyadaan dan Pariwisata wilayah Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat memiliki tugas untuk melaksanakan urusan pemerintahan Kabupaten Purwakarta dalam bidang budaya dan pariwisata berdasarkan asas otonomi daerahnya.

Mulalui kantor Dinas pariwisata dan kebudayaan atau yang disingkan Disparbud ini, berbagai urusan pemerintah daerah terkait bidang pariwisata dan kebudayaan dilakukan. Adapun tugas Disparbud adalah sebagai pelaksana urusan pemerintah daerah pada bidang pariwisata dan pelestarian budaya di wilayah kerjanya. Fungsi Disparbud ialah merumuskan kebijakan bidang pariwisata, kesenian, kebudayaan dan perfilman, penyelenggara pariwisata dan kebudayaan, pembinaan dan pembimbingan pada pelaku pariwisata dan budaya di wilayah kerjanya, koordinator UPTD, hingga pelaporan dan koordinasi urusan pariwisata dan budaya.

Terkait dengan tugas dan fungsinya, Disparbud berwenang untuk mengeluarkan izin-izin bidang pariwisata meliputi Izin Usaha Pariwisata untuk travel agent dan lainnya, mengurus Izin Tetap Usaha Pariwisata (ITUP), Tanda Daftar Usaha Pariwisata atau TDUP meliputi surat Tanda Daftar Usaha Jasa Perjalanan Wisata, Tanda Daftar Usaha Penyedia Akomodasi, Tanda daftar Usaha Kawasan Pariwisata, dan lainnya. Selain izin-izin bidang pariwisata, Disparbud juga memiliki wewenang dalam mengeluarkan izin terkait bidang kebudayaan seperti kegiatan kebudayaan, alih fungsi bagunan bersejarah dan lainnya. Untuk informasi lainnya Anda dapat berkunjung langsung pada kantor Disparbud terdekat, menghubungi kontak telepon, atau mengakses website resmi Disparbud untuk informasi umum.

Kategori: Kantor Pemerintahan, Purwakarta
  • Dimana alamat Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Purwakarta?

    Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Purwakarta beralamat di Jl. Veteran No.1, Ciseureuh, Kec. Purwakarta, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat 41118, Indonesia.

  • Berapa kontak nomor telepon Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Purwakarta?

    Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Purwakarta dapat dihubungi melalui kontak nomor telepon (0264) 200105



Komentar dan Ulasan (1)
  1. rojak
    rojak | 2020-01-25 Reply

    Seiring dengan gencarnya pembangunan infrastuktur jalan yang mulai memasuki desa-desa terpencil sehingga membuka isolasi akses masuk kendaraan di daerah tersebut, salah satunya akses masuk di desa kertamanah yang berada di kecamatan sukasari kab.purwakarta. terletak di seberang danau jatiluhur yang menyimpan pesona keindahan alam yang begitu menakjubkan. Desa Kertamanah mempunyai beberapa objek wisata yang sering menjadi pilihan untuk berlibur santai dengan keluarga salah satunya KAMPUNG WISATA MADANG yang di dalamnya menyediakan kuliner nasi liwet dan bakar ikan segar, selain kuliner tempat ini pun menyediakan tempat pemancingan dan transportasi perahu yang siap mengajak menikmati suasana di tengah danau. Selain objek wisata KAMPUNG WISATA MADANG pun menjadi dermaga dimana akses keluar masuk transportasi seperti penarikan hasil panen ikan,pasir,matrial peralatan tambak dan masih banyak lagi, sehingga intensitas keluar masuk kendaran di kampung ini setiap harinya rame di masuki pengunjung untuk berwisata,pemancing untuk menuruti hobi ataupun pengusaha-pengusaha lokal yang menjalankan bisnisnya. Salah satu kendala yang terjadi di KAMPUNG WISATA MADANG adalah jalan yang kurang memadai untuk masuk ke lingkungan kampung madang, kendaraan yang masuk ke lingkungan ini hanya bisa di lewati 1 mobil saja, jika terjadi papasan 2 mobil dari arah yang berbeda mobil yang satu harus masuk ke pekarangan rumah warga untuk menghindari bentrok. tidak jarang warga sekitar kampung untuk membantu memarkir mobil yang bentrok setiap harinya, apalagi di momen-momen rame seperti libur sekolah,tahun baru dan libur idhul fitri. Dalam hal ini di perlukan adanya perhatian dari pemerintah daerah untuk mengembangkan potensi-potensi yang ada di daerah tersebut seperti cara pengelolaan tempat wisata ataupun pelebaran infrastuktur jalan yang masuk ke wilayah kampung madang, sehingga di harapkan masyarakat sekitar KAMPUNG WISATA MADANG menjadi lebih berinovasi untuk penataan lingkungan ataupun menaikan citarasa kuliner yang sudah ada, sehingga berdampak pada tarap hidup masyarat sekitar dan menjadi kampung mandiri dengan memanpaatkan potensi-potensi yang ada di lingkungan Demikian ulasan kondisi KAMPUNG WISATA MADANG yang insyallah punya potensi yang kedepannya bisa di kembangkan, mudah-mudahan ini menjadi bahan pertimbangan pihak terkait untuk menggali potensi-potensi dalam bidang pariwisata yang ada di kabupaten purwakarta Hs, Rojak Karang Taruna Kampung Wisata Madang

Tulis Komentar dan Ulasan