Masjid Agung Sunda Kelapa Jakarta


Masjid Agung Sunda Kelapa Jakarta
Alamat lokasi : Jalan Taman Sunda Kelapa No.16, RT.6/RW.4, Menteng, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta
Nomor telepon : (021) 31934261
Kode pos : 10310
Masjid Agung Sunda Kelapa Jakarta

Masjid ini dibangun atas prakarsa Ir. Gustaf Abbas pada tahun 1960-an, desain interior dan eksterior masjid ini dipenuhi dengan simbol-simbol fleksibel, tidak kaku dengan simbol Timur Tengah yang kerap menjadi harga mati untuk arsitektur masjid. Abbas adalah arsitek lulusan Insitut Teknologi Bandung ITB, yang mematahkan arsitektur masjid di tanah air pada umumnya. Karyanya juga dapat dirasakan pada Masjid Salman di Jalan Ganesha, Bandung.

Tidak seperti masjid kebanyakan, Masjid Agung Sunda Kelapa tidak memiliki kubah, bedug, bintang-bulan, dan sederet simbol yang biasa terdapat dalam sebuah masjid. Menara yang ada pun sangat unik. Bentuk bangunannya mirip perahu, sebagai simbol pelabuhan Sunda Kelapa tempat saudagar muslim berdagang dan menyebarkan syariat Islam pada masa lalu.

Selain itu, bentuk perahu adalah makna simbolik kepasrahan seorang muslim. Bagaikan orang duduk bersila dengan tangan menengadah, berdoa mengharap rahmat dan kasih sayang-Nya.

Kategori: Kantor Swasta, Jakarta Pusat
  • Dimana alamat Masjid Agung Sunda Kelapa Jakarta?

    Masjid Agung Sunda Kelapa Jakarta beralamat di Jalan Taman Sunda Kelapa No.16, RT.6/RW.4, Menteng, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta.

  • Berapa kontak nomor telepon Masjid Agung Sunda Kelapa Jakarta?

    Masjid Agung Sunda Kelapa Jakarta dapat dihubungi melalui kontak nomor telepon (021) 31934261

  • Berapa kode pos Masjid Agung Sunda Kelapa Jakarta?

    Kode pos dari Masjid Agung Sunda Kelapa Jakarta adalah 10310



Komentar dan Ulasan (0)
Tulis Komentar dan Ulasan