Taman Mini Indonesia Indah Jakarta


Taman Mini Indonesia Indah Jakarta
Alamat lokasi : Ceger, Cipayung, Kabupaten Adm. Kepulauan Seribu, DKI Jakarta
Nomor telepon : (021) 87792078
Kode pos : - belum tersedia
Taman Mini Indonesia Indah Jakarta

Taman Mini Indonesia Indah (TMII) adalah suatu kawasan taman wisata bertema budaya Indonesia di Jakarta Timur. Luas area Taman ini adalah kurang lebih 150 hektar[1] atau 1,5 kilometer persegi. Di Indonesia, hampir setiap suku bangsa memiliki bentuk dan corak bangunan yang berbeda, bahkan tidak jarang satu suku bangsa memiliki lebih dari satu jenis bangunan tradisional. Bangunan atau arsitektur tradisional yang mereka buat selalu dilatarbetakangi oleh kondisi lingkungan serta kebudayaan yang dimiliki. Di TMII, gambaran tersebut diwujudkan melalui Anjungan Daerah, yang mewakili suku-suku bangsa yang berada di 33 Provinsi Indonesia. Anjungan provinsi ini dibangun di sekitar danau dengan miniatur Kepulauan Indonesia, secara tematik dibagi atas enam zona; Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Bali dan Nusa Tenggara, Maluku dan Papua. Tiap anjungan menampilkan bangunan khas setempat.

Taman ini merupakan rangkuman kebudayaan bangsa Indonesia, yang mencakup berbagai aspek kehidupan sehari-hari masyarakat 33 provinsi Indonesia (pada tahun 1975) yang ditampilkan dalam anjungan daerah berarsitektur tradisional, serta menampilkan aneka busana, tarian dan tradisi daerah.

Di samping itu, di tengah-tengah TMII terdapat sebuah danau yang menggambarkan miniatur kepulauan Indonesia di tengahnya, kereta gantung, berbagai museum, dan Teater IMAX Keong Mas dan Teater Tanah Airku), berbagai sarana rekreasi ini menjadikan TMIII sebagai salah satu kawasan wisata terkemuka di ibu kota Jakarta.

Kategori: Taman Hiburan, Jakarta Pusat
  • Dimana alamat Taman Mini Indonesia Indah Jakarta?

    Taman Mini Indonesia Indah Jakarta beralamat di Ceger, Cipayung, Kabupaten Adm. Kepulauan Seribu, DKI Jakarta.

  • Berapa kontak nomor telepon Taman Mini Indonesia Indah Jakarta?

    Taman Mini Indonesia Indah Jakarta dapat dihubungi melalui kontak nomor telepon (021) 87792078

  • Apa alamat URL website Taman Mini Indonesia Indah Jakarta?

    Website Taman Mini Indonesia Indah Jakarta dapat di akses online melalui tamanmini.com


Komentar dan Ulasan (0)
Tulis Komentar dan Ulasan